Rabu, 04 Mei 2011

Gaji Pemain Timnas U-23 Lebih Kecil Dari Gaji di Klub

Jakarta - Pelatih, official dan pemain tim nasional U-23 dihadapkan pada situasi sulit. Di tengah kondisi sepakbola Indonesia masih carut-marut, tim nasional U-23 dituntut berprestasi di dua ajang internasional dengan dana terbatas.Pelatih, official, dan pemain akan mendapatkan gaji jauh dari yang mereka terima di klubnya. Itu memang menjadi salah satu hambatan, tapi bermain di tim nasional berarti membela nama bangsa. Kami harap mereka tetap berjuang dengan maksimal demi Merah Putih," terang Iman Arief, Deputi Bidang Teknik Badan Tim Nasional (BTN), kepada Bola.net, di Jakarta, Selasa (3/5).

Persiapan timnas U-23 memang baru berjalan setelah Kompetisi Indonesia Super Liga (ISL), Divisi Utama, dan Liga Primer Indonesia (LPI) rampung. Setelah itu, 6 bulan kedepan mereka akan digojlok dan berjuang untuk mengerek bendera merah putih.

"Di situlah letak permasalahannya. Mereka mempertanyakan bagaimana kontrak mereka di klub, karena di timnas mereka hanya 6 bulan. Kami saat ini masih terus berkomunikasi dengan klub untuk memastikan hal itu," lanjut Iman.

Anggaran untuk persiapan timnas U-23 mengahadapi Piala AFF U-23 dan SEA Games 2011 sudah diajukan BTN sebesar Rp 22 Miliar kepada Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima). Namun, jumlah itu diyakini tidak memadai. Sehingga, BTN dan Satlak Prima memutar otak dengan mengandalkan donasi pihak ketiga.

Sementara itu, 46 nama calon pasukan timnas U-23 juga sudah diumumkan. Selasa (3/5), para pemain dikabarkan sudah mulai berkumpul di Jakarta untuk menjalani tes kesehatan sebelum bertolak ke Batujajar, Jawa Barat (7-21 Mei).

"22 miliar itu diproyeksikan untuk gaji pelatih, official, dan pemain. Termasuk juga untuk uang saku selama di Batujajar selama 2 minggu dan kebutuhan selama pemusatan latihan yang berlangsung di Malang, Jakarta, dan Austria. Serta laga uji coba yang diperkirakan melawan Thailand, Jepang, dan Korea," bebernya.

Selama seleksi tahap awal sekaligus menjalankan program character building yang digalang Satlak Prima, 46 pemain itu dipastikan mendapatkan uang saku sebesar Rp 1,2 juta per orang. Setelah itu, 46 pemain akan dikerucutkan menjadi 20.(Esa)

Rincian Gaji Timnas U-23
Pelatih Kepala: Rp 7 Juta
Official: Rp 3,5 Juta
Pemain: Rp 5 Juta
Rincian Dana Persiapan Timnas U-23
Uang Saku di Batujajar: Rp 1,2 Juta

Jadwal Timnas U-23
4-6 Mei:Tes Kesehatan
7-21 Mei:Seleksi Tahap I + Character Building, Batujajar
22 Mei-20 Juni:Kembali Membela Klub
24 Juni-2 Juli:Seleksi Tahap II
4-12 Juli:Traning Camp di Malang
16-24 Juli:Piala AFF U-23 di Palembang
25-31 Juli:Libur

1-19 Agustus:Training Camp di Malang/Jakarta
20 Agustus:Uji Coba
24 Agustus:Uji Coba
28 Agustus:Uji Coba
29 Agustus-1 September:Libur Idul Fitri
2 September-17 Oktober:Training Camp di Austria
19 Oktober:Uji Coba
23 Oktober:Uji Coba
27 Oktober:Uji Coba
29 Oktober-10 November:Persiapan Akhir
11 November-26 November:SEA Games 2011 di Palembang (esa/fjr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.